Penyuluhan tentang Pendidikan Reproduksi pada Anak di Lembaga PAUD

Desa Plabuhan
Dipublikasi pada 27 July 2018

Deskripsi

Anak perlu memahami dan mengenali tubuhnya sejak dini. Selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya, upaya itu juga untuk melindungi anak dari kejahatan seksual. Namun, upaya itu harus dilakukan dalam bimbingan orangtua atau guru.

Pengenalan tubuh pada anak usia 4-6 tahun itu merupakan bagian dari pendidikan kesehatan reproduksi. Selain mengenali tubuhnya, anak juga perlu diajak memahami adanya perbedaan antara tubuh anak laki-laki dan perempuan. Dengan mengetahui hal-hal terkait tubuh, anak bisa menjaga tubuhnya sekaligus menghormati tubuh temannya.

Namun, banyak orangtua dan orang dewasa yang memandang pengenalan tubuh itu sebagai hal tabu. Banyak orangtua tidak mengajarkan anaknya mengenali tubuh mereka dan berharap anak tahu sendiri hal itu. Pembiaran itu justru rentan menimbulkan pemahaman anak yang keliru tentang tubuhnya karena anak mendapat informasi yang salah, baik dari teman, gawai yang dimainkan, maupun dari orang dewasa yang tak bertanggung jawab. Akibatnya, anak justru melakukan tindakan-tindakan tak patut dan berisiko kesehatan terhadap tubuhnya ataupun teman-temannya. 

Oleh karena itu, kader PPKBD Desa Plabuhan memberikan penyuluhan tentang pentingnya Pendidikan Reproduksi Anak kepada wali siswa lembaga PAUD Desa Plabuhan. Materi yang disampaikan yakni tentang cara memberikan pendidikan reproduksi disesuaikan dengan tahap tumbuh kembangnya, kebutuhan setiap kelompok umur anak.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan