Kajian Bimbingan Islam bagi Lanjut Usia

Desa Plabuhan
Dipublikasi pada 10 August 2018

Deskripsi

Pada masa lanjut usia tentunya akan mengalami suatu masalah. Masalah tersebut dapat berupa emosi labil, mudah tersinggung, gampang merasa dilecehkan, kecewa, tidak bahagia, perasaan kehilangan, dan tidak berguna. Masalah akan berdampak pada perilaku yang tidak baik.

Sedangkan dari sisi keluarga, keberadaan lansia sering dikatakan beban dalam keluarga yang pada akhirnya mereka kurang mendapat perhatian. Padahal warga lanjut usia (lansia) membutuhkan pendampingan. Bukan sekadar pendampingan fisik, tetapi juga butuh pendampingan mental. Salah satunya dengan mendengarkan curahan hati agar mereka tetap bahagia meski memasuki usia senja. Perlu adanya kegiatan sosial untuk mengekspresikan perasaan lansia. Misalnya kegiatan menjenguk teman yang sakit, perkumpulan rutin setiap minggu, serta pengajian rutin.

Mengikuti pengajian di majelis taklim adalah cara yang mudah untuk meningkatkan perilaku keagamaan, karena majelis taklim dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu Kader PPKBD Desa Plabuhan berpartisipasi dalam kajian rutin kelompok lansia di Desa Plabuhan sekaligus menyampaikan materi tentang 7 Dimensi Lansia Tangguh. Terutama dalam meningkatkan Dimensi Spiritual.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan