Pembagian Leaflet tentang Pentingnya Pemahaman Kesehatan Reproduksi Sejak Dini di Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB)

Desa Plabuhan
Dipublikasi pada 06 September 2018

Deskripsi

Anak perlu memahami dan mengenali tubuhnya sejak dini. Selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya, upaya itu juga untuk melindungi anak dari kejahatan seksual.

Namun, banyak orangtua dan orang dewasa yang memandang pengenalan tubuh itu sebagai hal tabu. Banyak orangtua tidak mengajarkan anaknya mengenali tubuh mereka dan berharap anak tahu sendiri hal itu. Pembiaran itu justru rentan menimbulkan pemahaman anak yang keliru tentang tubuhnya karena anak mendapat informasi yang salah, baik dari teman, maupun dari orang dewasa yang tak bertanggung jawab. Akibatnya, anak justru melakukan tindakan-tindakan tak patut dan berisiko kesehatan terhadap tubuhnya ataupun teman-temannya.

Oleh karena itu, Penyuluh KB bersama kader BKB Sri Tanjung IV membagikan Leaflet tentang Pentingnya Pemahaman Kesehatan Reproduksi Sejak Dini serta memberikan penyuluhan tentang pentingnya Pendidikan Reproduksi sejak dini kepada Ibu Balita dan Keluarga Balita. Materi yang disampaikan yakni tentang cara memberikan pendidikan reproduksi disesuaikan dengan tahap tumbuh kembangnya, kebutuhan setiap kelompok umur anak.

Penyuluhan dimulai pada pukul 08.30 - 09.00 WIB dan diikuti oleh 6 peserta dari Ibu Balita dan Keluarga Balita Kelompok BKB Sri Tanjung IV.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan