Penanaman Bibit Tanaman Kayu-kayuan dalam rangka Kegiatan Kampung KB bersama Dinas Kehutanan Menghijaukan Lingkungan

Desa Plabuhan
Dipublikasi pada 30 November 2018

Deskripsi

Peningkatan penduduk akan berdampak pada segi sosial ekonomi di antaranya peningkatan pengangguran, kekurangan gizi, serta kerusakan lingkungan. Kampung KB merupakan salah satu bentuk/ model miniatur pelaksanaan program total dari Dinas Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja yang terkait dengan kebutuhan dan kondisi daerah.

Dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat kampung KB dan upaya menanggulangi krisis lingkungan akibat peningkatan jumlah penduduk, Dinas kehutanan mengajak masyarakat Kampung untuk menggerakkan kembali program GERHAN (Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan lahan). Melalui diversifikasi lahan pekarangan agar lebih produktif, dengan memperbanyak jenis-jenis tanaman pada lahan pekarangan.

Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan.

Kegiatan dengan Tema “Kampung KB bersama Dinas Kehutanan Menghijaukan Lingkungan” adalah Program Integrasi lintas sektor di Kampung KB yang dilaksanakan atas kerjasama Kepala Desa Plabuhan dengan Dinas Kehutanan. Penanaman secara simbolis di laksanakan di Dusun Sumberpelas Desa Plabuhan, yang di hadiri oleh Perwakilan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Perwakilan Dinas Kehutanan, Kepala UPT PHW VI Nganjuk, Perwakilan Camat Plandaan, Kepala Desa beserta Tiga Pilar, Penyuluh KB, Penyuluh Pertanian, Kader dan Masyarakat Kampung KB, serta Siswa SDN III Plabuhan.

Jenis bibit yang di tanam dalam kegiatan ini yakni :
- Jati : 1.850 pohon
- Mahoni : 500 pohon
- Bambu : 50 pohon
- Sirsat : 200 pohon
- Nangka : 100 pohon
- Petai : 50 pohon
- Kelor : 250 pohon
- Sukun : 100 pohon
- Kelengkeng : 50 pohon

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan