Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB Bulan Oktober 2018

Desa Plabuhan
Dipublikasi pada 26 October 2018

Deskripsi

Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB Bulan Oktober 2018 dimulai pada pukul 09.30 dan berakhir pada pukul 11.30. Adapun hasil dari pertemuan tersebut sebagai berikut:

Kepala Desa menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan masa satu bulan menjalang musim tanam dengan persiapan bibit dan pupuk, sehingga diharapkan pada musim tanam tahun ini dapat meningkatkan hasil produksi.

Materi dari tentang perlunya penggalian potensi-potensi baru di Dusun Sumberpelas yang dapat mendorong perekonomian masyarakat Kampung KB. Misalnya dengan pengolahan hasil tanam menjadi makanan siap saji.

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Plandaan menyampaikan tentang sistem tanam jajar legowo sebagai upaya peningkatan produksi tanaman padi, memperbaiki kualitas gabah dengan semakin banyaknya tanaman pinggir; serta mengurangi tingkat serangan hama maupun penyakit.

Penyuluh Peternakan Kecamatan Plandaan menyampaikan tentang budidaya ayam Joper (Jawa Super). Ayam Joper adalah ayam hasil kawin silang antara pejantan dari ayam kampung dengan betina petelur. Keuntungan ayam ini tidak memerlukan banyak waktu karena dapat dipanen lebih cepat, serta harga jual yang masih tinggi dan stabil di pasaran.

Narasumber Penyuluh Kehutanan Kabupaten Jombang menyampaikan tentang konservasi tanah melalui rehabilitasi hutan dan lahan, karena jika hutan berkurang, sumber air juga ikut berkurang. Program dari Dinas kehutanan mengajak masyarakat mengajukan proposal bantuan bibit, terutama tanaman kayu-kayuan. 

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada