Penilain lomba Kampung Keluarga Berkualitas Industri Tempe tahun 2022 tingkat Kota Semarang

Kampung Industri Tempe
Dipublikasi pada 19 October 2022

Deskripsi

PENILAIAN LOMBA KAMPUNG KB (KELUARGA BERKUALITAS)

KAMPUNG INDUSTRI TEMPE KELURAHAN SAMBIREJO TAHUN 2022

TINGKAT KOTA SEMARANG

               

                Setelah beberapa waktu tahun terbentuknya Kampung KB pada tahun 2018 silam yang awalnya KB singkatan dari Keluarga Berencana dan sekarang menjadi Keluarga Berkualitas, baru kali ini Kampung Berkualitas Industri Tempe, Kampung Sidorejo Kelurahan Sambirejo mengikuti perlombaan . Dalam perlombaan itu secara umum yang dinilai adalah sarana dan prasarana, lingkungan, kegiatan yang dilakukan dan administrasi dari beberapa kelompok kerja, kelompok kegiatan dan kewilayahan / lingkungan. Dari beberapa kelompok kerja dan kegiatan diataranya BKB ( Bina Keluarga Balita ), BKR ( Bina Keluarga Remaja ), BKL ( Bina Keluarga Lansia ), Sekretariat KKB ( Sekretariat Kampung Keluarga Berkualitas ),  UPPKA ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor ), PIK R ( Pusat Informasi dan Konseling Remaja), Rumah Dataku, ( Rumah Data Kepundudukan Kampung KB ) dengan beberapa program yang dilakukan diantaranya Komunikasi Perubahan Perilaku, Layanan Kesehatan dan KB-KR, Jaminan Perlindungan Sosial, Pemberdayaan Ekonomi, Penataan Lingkungan dan masih banyak yang lain.

            Acara penilaian lomba tersebut dilaksanakan pada hari kamis tanggal 20 Oktober 2022 di Sekretariat Kampung KB “Industri Tempe” Sidorejo Sambirejo mulai sekitar pukul 09.00 WIB, yang tentu saja persiapan dari tuan rumah sudah jauh jauh hari dan pada hari itu persiapan dimulai pagi-pagi sekali. Di Jalan Sidorejo Raya Kelurahan Sambirejo itu merupakan lingkungan yang fasilitas umum nya cukup lengkap, dari gedung  serbaguna RW7 yang biasa digunakan untuk Posyandu, Rapat, Pos PAUD, ada gazebo yang merupakan etalase untuk produk-produk UMKM yang ada disekitar daerah situ, gapura dan taman pintu masuk kampung, Pos Kamling, Tempat ibadah berupa Mushola, taman PKK berupa taman bunga dan taman obat keluarga ( TOGA) ,Ruang terbuka hijau ramah keluarga dan sarana olah raga berupa lapangan volly. Sarana / fasilitas umum tersebut telah aktif digunakan warga, namun masih butuh penyempurnaan disana-sini karena masih tahap berkembang.

            Dalam acara tersebut, selain warga, tuan rumah wilayah yaitu Ketua RT1 RW7 Bapak Mawardi, Ketua RW7 sekaligus Ketua Kampung KB Bapak Kabul M., pengurus kampung KB yang mayoritas ibu-ibu yang biasa aktif di PKK, pengurus kelompok kerja dan kelompok kegiatan,perwakilan LPMK Kelurahan Sambirejo, juga dihadiri Kepala Kelurahan Sambirejo Bapak Sumardi beserta jajarannya dan tentu saja tim juri dari panitia lomba Kampung KB tingkat Kota Semarang. Acara dimulai dengan sambutan tuan rumah dan tanya jawab dari tim juri dimulai dari produk-produk UMKM , administrasi, kegiatan-kegiatan yang ada dilingkungan, peninjauan kelengkapan sarana prasarana. Setelah acara penjurian selesai, maka dilanjutkan dengan istirahat dan ramah tamah dengan jamuan makan bersama secara sederhana dengan menonjolkan kearifan lokal berupa menikmati kuliner produk UMKM dan menikmati hasil kebun warga sendiri berupa pisang dan singkong. Setelah acara selesai, maka ditutup dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi dan laporan kegiatan.

            Dari acara tersebut diharapkan kegiatan di Kampung Keluarga Berkualitas Industri Tempe Kampung Sidorejo Kelurahan Sambirejo tidak berhenti sampai disitu saja, namun harus lebih ditingkatkan kualitas kuantitas dan terus menambah, memperbaiki fasilitas yang ada agar lebih bermanfaat dan mencapai seperti tujuan dari filosofi Kampung Keluarga Berkualitas tersebut yaitu kesejahteraan bersama yang berkualitas.

 

(Editor Joko Suryono)

21102022



Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan