Persiapan Renovasi Bakal Rumah DataKU

Koto Katik
Dipublikasi pada 23 January 2019

Deskripsi

Setelah melakukan beberapa kali survey sejak akhir 2018 lalu di 4 lokasi yang ada di Kampung KB Koto Katik, akhirnya diputuskan untuk memakai sebuah rumah tinggal tak berpenghuni yang persis berada di depan Kantor Lurah Koto Katik sebagai bakal lokasi Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKU).


Kondisinya memiriskan, sebagian atap bocor, tanpa loteng, dinding kayu lapuk dan sebagian memakai seng bekas sebagai penutup dinding bagian luar. Lantai rumah masih ada yang tanah dan ada pula yang berupa coran kasar, belum disemen rata. Kamar mandi masih terbengkalai, instalasi listrik serabutan ditandai dengan seliweran kabel yang terjuntai-juntai.


Lantaran rumah ini sudah lama tidak dimanfaatkan pemiliknya, oleh pihak kelurahan dijadikan sebagai lokasi "pembuangan" atau penyimpanan barang-barang aset yang tak layak pakai. Belum lagi oleh pemilik rumah, rumah ini menjadi gudang berisi kayu-kayu yang sedianya untuk bahan untuk renovasi suatu saat nanti.


Dengan mempertimbangkan posisinya yang strategis dan luasan rumah yang lumayan, akhirnya PKB pembina wilayah Koto Katik, Lurah dan Pengurus Pokja Kampung KB bersepakat menjadikan rumah ini untuk bakal lokasi Rumah DataKU. Dengan difasilitasi Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKB PPPA) Kota Padang Panjang, rumah ini dipinjam kepada pemiliknya, walaupun konsekuensinya akan memakan banyak biaya untuk renovasi.


Semangat yang menggebu-gebu untuk memiliki Rumah DataKU, renovasi pun segera diburu. Target waktu, sebulan dari sekarang rumah akan selesai. Setelah itu baru dilengkapi dengan data-data yang dianggap perlu. (max)


Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada