Dipublikasikan pada 06 August 2020

Penyuluhan Pengasuhan 1000 HPK

Deskripsi

Penyuluhan kali ini disampaikan oleh  PKB kampung KB Udopi  yang bertemakan tentang Pengasuhan 1000 HPK. 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah masa sejak anak didalam kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun. Masa ini disebut sebagai masa Periode Emas karena pada periode ini terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesatyang mendukung seluruh proses pertumbuhan anak dengan sempurna. Hal ini perlu di dukung dengan pemberian asupan Gizi yang seiimbang.                    Apabila terjadi kekurangan Gizi pada 1000 HPK maka tidak akan dapat diperbaiki dimasa kehidupan selanjutnya.

Dampak nya :

1. Mengakibatkan pertumbuhan anak tidak cerdas, pertumbuhan jasmani dan perkembangan kempuan anak terhambat serta anak dapat tumbuh dengan fisik tubuh yang pendek.

2. Anak menjadi lemah dan mudah sakit, akan sulit mengikuti pelajaran di sekolah dan dampaknya sampai dia dewasa akan sulit memperoleh pekerjaan.

Untuk mencegah dampak tersebut diatas maka:

1. Pada saat hamil seorang ibu harus mendapatkan gizi seimbang yang cukup.

2. Lakukan Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilan, Melakukan persalinan di faskes/bidan terlatih, Inisiasi menyusui dini, berikan ASI eksklusif selama enam bulan, rutin ke posyandu untuk mengecek perkembangan dan pertumbuhan anak serta mendapatkan imunisasi. Setelah 6 bulan sampai 2 tahun tetap diberikan ASI dan ditambah dengan makanan pendaming.



Program

BKB

Seksi Kegiatan

Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan