Peningkatan ketahanan keluarga dalam Bina Keluarga Remaja di Kampung KB Kelurahan Mondokan Kecamatan Tuban

Mondokan
Dipublikasi pada 20 February 2019

Deskripsi

                    Kegiatan Pertemuan Peningkatan Ketahanan Keluarga dalam Bina Keluarga Remaja di Kampung KB Kelurahan Mondokan dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Pebruari 2019, jam 08.30 WIB bertempat di Ruang pertemuan Kelurahan Mondokan Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban dengan 30 peserta yang terdiri dari Pengurus BKR, Anggota BKR, PPKBD, Sub PPKBD serta Bidan Kelurahan dengan Narasumber berasal dari BNNK Kabupaten Tuban serta Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Tuban.

                    Dalam pembukaannya, Lurah Mondokan, Drs. Mulyadi mengatakan bahwa kegiatan Bina Keluarga Remaja ( BKR ) di Kampung KB Kelurahan Mondokan ini harus terus ditingkatkan karena dengan kegiatan ini Orang Tua yang mempunyai remaja akan bisa membuat tumbuh kembang remaja semakin baik dan berkualitas sehingga akan mampu menjadi peminmpi-pemimpin yang handal di masa depan.

                    Lurah Mondokan juga berharap kelompok Bina Keluarga Remaja ini bisa mengembangkan kelompoknya menjadi kelompok yang produktif, dalam arti ada produk-produk yang dihasilkan dan dipasarkan sehingga bisa menambah ekonomi keluarga, selain itu dihimbau bagi angota yang belum ikut KB atau yang masih ikut KB non MKJP supaya menjadi akseptor MKJP.

                    Sementara Narasumber yang berasal dari Badan Narkotika Nasionak Kabupaten Tuban ( BNNK Kab. Tuban) dalam pemaparannya tentang "Sains Adiksi dan Rehabilitasi" menjelaskan bahwa pengguna narkoba adalah orang yang sakit sehingga perlu dirangkul dan diobati, bukan malah dijauhi. Dalam pertemuan ini juga dijelaskan oleh Narasumber kepada peserta pertemuan tentang narkoba, jenis-jenisnya, ciri-ciri pengguna, akibat penggunaan narkoba serta cara penanggulangannya.

                    Narasuber juga menghimbau kepada seluruh peserta pertemuan apabila menemui pengguna narkoba untuk segera menggajaknya atau melaporkannya ke BNN setempat untuk di rehabilitasi agar yang bersangkutan bisa sembuh.

                    Sementara Narasumber kedua memaparkan tentang komunikasi efektif yang harus dilakukan oleh Orang Tua kepada remajanya sehingga remaja tidak merasa dilarang dan ditekan dan remaja akan bisa dekat kepada Orang Tuanya, karena merasa terlindungi, terayomi dan merasa mempunyai teman curhat. Tidak lupa juga dijelaskan tentang KB MKJP, baik tujuan penggunaan, efek sampingnya, keuntungan serta cara kerjanya. Dengan penjelasan tersebut diharapkan semua anggota BKR menggunakan KB MKJP.

                     Peserta sangat antusias mengikuti penjelasan-penjelasan dari dua Narasumber yang hadir dibuktikan dengan adanya pertenyaan-pertanyaan dari peserta yang dijawab secara gamblang oleh Narasumber,

                     Kegiatan pertemuan ini ditutup dengan harapan agar apa yang telah disampaikan oleh Narasumber bisa diaplikasikan, bisa digetok tularkan kepada masyarakat dilingkungannya masing-masing. Yang terakhir para peserta dan Narasumber beserta Lurah Mondokan mengadakan sesi foto bersama dengan mengepalkan tangan sebagai simbol " STOP NARKOBA ".




Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan