PEMBINAAN KELOMPOK BKR DI KAMPUNG KB

Pongpongan
Dipublikasi pada 14 February 2019

Deskripsi

Masa remaja merupakan masa transisi dalam rentang kehidupan manusia, menghubungkan masa kanak-kanak dan masa dewasa. Masa remaja juga disebut sebagai masa penghubung atau masa peralihan antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Pada periode ini terjadi perubahan-perubahan besar dan esensial mengenai kematangan fungsi-fungsi rohaniah dan jasmaniah, terutama fungsi seksual.

Jelas dikatakan diatas bahwa remaja merupakan periode atau masa yang rentan. Maka kita sudah tidak tabu ketika mendengar kenakal remaja yang banyak terjadi.

Maka dalam hal ini BKKBN Kec Merakurak melakukan Pembinaan melalui Program kampung KB yaitu BKR.

Bina Keluarga Remaja (BKR) adalah wadah kegiatan yang beranggotakan keluarga yang mempunyai remaja usia 10 – 24 tahun. Program ini merupakan aplikasi dari program Generasi Berencana (GenRe) yang dilakukan melalui pendekatan kepada keluarga yang mempunyai remaja. Bina Keluarga Remaja bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dan anggota keluarga lainnya dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang remaja, dalam rangka meningkatkan kesertaan, 20 pembinaan, dan kemandirian ber KB bagi anggota kelompok. Bina Keluarga Remaja merupakan kegiatan yang dilakukan oleh keluarga (orang tua) khususnya untuk meningkatkan bimbingan dan pembinaan tumbuh kembang anak dan remaja secara baik dan terarah dalam rangka pembangunan Sumber Daya Manusia yang bermutu, tangguh, maju dan mandiri.

Bina Keluarga Remaja dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari orang tua dan anak remaja yang dibimbing dan dibantu oleh fasilitator/motivator/kader dari tenaga masyarakat secara sukarela dengan pembinaan oleh pemerintah. Program Bina Keluarga Remaja merupakan suatu wadah yang berupaya untuk mendapatkan pemahaman orang tua dalam mendidik anak remaja yang benar yang dilakukan dalam bentuk kelompok-kelompok kegiatan, dimana orang tua mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana meningkatkan dan membina tumbuh kembang anak remaja.

Melalui kelompok Bina Keluarga Remaja setiap keluarga yang memiliki remaja dapat saling bertukar informasi dan berdiskusi bersama tentang hal-hal yang berkaitan dengan remaja dalam konteks fenomena pernikahan dini, meliputi Pendewasaan Usia Perkawinan, Komunikasi Efektif Orangtua terhadap Remaja, dan Peran Orangtua Dalam Pembinaan Tumbuh Kembang Remaja.

Selanjutnya Melalui Kegiatan TRIBINA (BKR) ini, Penyuluh KB memberikan gambaran dan pengarahan kepada masyarakat Desa Pongpongan dengan Narasumber sebagai berikut :

  1. Muriyanto,S.Ag (Penghulu Kec Merakurak)
  2. Supar,SH (Penyuluh KB Kec Merakurak)


Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan