Dipublikasikan pada 29 July 2020

Rembuk Stunting Desa Menyali Tahun 20-20

Deskripsi

Menyali (29/07) Bertempat di Ruang rapat Kantor Perbekel Desa Menyali telah diadakan Rembuk stunting yang diselenggarakan oleh BPD Desa Menyali sebelum melaksanakan musyawarah Desa (Musdes) untuk penyusunan perencanaan pembangunan desa tahun berikutnya.
Rembuk Stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah kabupaten/kota untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.
Pemerintah kabupaten/kota secara bersama-sama akan melakukan konfirmasi, sinkronisasi, dan sinergisme hasil Analisis Situasi dan rancangan Rencana Kegiatan dari OPD penanggung jawab layanan di kabupaten/kota dengan hasil perencanaan partisipatif masyarakat yang dilaksanakan melalui Musrenbang kecamatan dan desa dalam upaya penurunan stunting di lokasi fokus.
Turut hadir dalam rembug stunting ini sebagai narasumber, Pendamping dari Kecamatan Bapak Ganda, Perbekel Desa Menyali, I Made Jaya Harta, LPM, Bendesa Adat, ketua PKK, Puskesma Sawan II, KPM, Kader Kesehatan dan seluruh elemen yang terkait dengan kesehatan masayarakat. Rembuk stunting ini berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat Desa dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa.
Adapun kegiatan utama dalam rembuk stunting di Desa, meliputi: Pembahasan usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang disusun dalam diskusi kelompok terarah; dan pembahasan dan penyepakatan prioritas usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif. 

Program

Kependudukan

Seksi Kegiatan

Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan