Rembug Stunting Desa Toapaya Selatan Tahun 2020

Kampung KB Toapaya Selatan
Dipublikasi pada 17 November 2020

Deskripsi

Rapat Rembug Stunting Desa Toapaya Selatan Kecamatan Toapaya Tahun 2020 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 November 2020 di Aula Kantor Desa Toapaya Selatan. Kepala Desa menyambut para hadirin yaitu TA Kabupaten Bintan Ibu DIAN HERAWATI, Pendamping Desa, TP-PKK Desa Toapaya Selatan, perwakilan dari masing-masing PAUD dan Posyandu se-Desa Toapaya Selatan. Kemudian Kepala Desa mengingatkan kembali terkait keadaan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang masih merajalela disekitar lingkungan untuk lebih waspada, berhati-hati dan mempertahankan Protokol Kesehatan COVID-19 yakni 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).
Tujuan dari Rembug Stunting ini adalah untuk merekapitulasi perencanaan pada tahun berikutnya (Tahun 2021) terkait apa-apa saja yang dibutuhkan oleh Posyandu, apa-apa saja yang dibutuhkan oleh PAUD dan apa-apa saja yang dibutuhkan oleh PKK. Jika sudah selesai dalam merekap, maka akan direkapitulasi oleh Kaur Perencanaan, dan nantinya Kaur Perencanaan akan memberikan rekapan kepada tim 11 atau RKPDes untuk diverifikasi ulang dan diselaraskan dengan Dana Desa yang akan turun pada tahun 2021.
Stunting ini sebetulnya bukan karena stuntingnya, namun indikasinya yang didanai oleh Dana Desa yang mana yang akan diprioritaskan adalah 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) yaitu dimulai dari Ibu Hamil sampai bayinya lahir berumur 2 tahun, inilah yang diprioritaskan untuk menggunakan Dana Desa dan RDeS (Rumah Desa Sehat) sebagai sekretariat bersama dibidang kesehatan dan berkumpulnya Desa Siaga, Kader Posyandu, PKK, KPM dan yang terlibat. Apabila terjadi kendala di tengah-tengah program bidang Kesehatan di suatu Desa maka boleh langsung dirembug, sebagai contoh sekarang Pandemi Corona maka bisa dirembug untuk perencanaan 3 bulan kedepan apa yang harus dilakukan atau dikerjakan. Untuk Stuntingnya sendiri bisa diusulkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan di masing-masing Posyandu, PAUD dan PKK yang berada di Desa Toapaya Selatan.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan