Profil

BAROKAH TAMBAK DANAU

Gambaran Umum


Pencanangan Kampung Keluarga Berancana (KB) di Desa-Desa Wilayah Kabupaten Banjar terus berlanjut. Kali ini pencanangan Kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan di Desa Tambak Danau Kecamatan Astambul, Kegiatan Pencanangan Kampung KB ini sendiri dibuka oleh Wakil Bupati Banjar H.Saidi Mansyur bersama Wakil Ketua TP PKK Hj.Nur Gita Tiyas Saidi Mansyur, Selasa 19 September 2017.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Benrencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB3A) Kabupaten Banjar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Camat Astambul beserta tamu undangan lainnya baik dari Camat, Kepala SKPD, Pambakal, Jajaran PLKB, PKK Desa dan Masyarakat Desa Tambak Danau.

Dalam sambutannya H. Saidi Mansyur menjelaskan, dengan ditetapkannya Kampung KB ditingkat Kecamatan ini, diharapkan mampu memberikan pemahaman yang benar terhadap berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah kepada seluruh masyarakat, khususnya warga desa Tambak Danau yang ditetapkan sebagai kampung KB, sehingga masyarakat semakin terpacu untuk berperan aktif dalam mendukung tercapainya seluruh tujuan pembangunan Pemerintah Pusat, Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar.

Beliau berharap “Kedepannya program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga serta program terkait lainnya di setiap kecamatan menjadi semakin baik dan sukses, sehingga mengantarkan masyarakat Kabupaten Banjar menuju keluarga yang sejahtera”. “Mari kita bersama-sama melaksanakan kegiatan di kampung KB secara berkualitas dan utuh, saling menjaga sinergtitas antar sektor ditingkat jajaran. Hanya dengan cara itu, tujuan utama kita bersama dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan barokah tercapai” tambahnya.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kepala Dinas P2KBP3A Hj. Rosana Mardina, MS menyampaikan kegiatan pencanangan Kampung Keluarga Berencana ini merupakan tidak lanjut dari program nasional yang telah dicanangkan oleh Bapak Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016 di Cirebon Jawa Barat, dan harus pula diikuti oleh desa-desa di seluruh indonesia, tidak terkecuali Desa-Desa yang ada di Kabupaten Banjar. “Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan. “Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah,” tambahnya.

Selain itu DP2KBP3A Kab. Banjar Bidang KB juga melaksanakan pelayanan gratis melalui Mobil Unit Pelayanan ditempat yang sama. pada rangkaian acara dilakukan penandatanganan deklarasi dukungan kampung KB oleh Camat Astambul, Pembakal Desa Tambak Danau dan Forkades Kecamatan Astambul yang disaksikan langsung Oleh Wakil Bupati Banjar, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sarana kerja petugas pembantu KB Desa, penyerahan Implan KIT kepada Bidan Desa dan penyerahan bantuan secara simbolis berupa peralatan bayi kepada tiga orang ibu hamil oleh wakil Bupati Banjar didampingi Wakil Ketua TP PKK dan Kepala Dinas P2KBP3A.

Wakil Bupati Banjar juga meresmikan PAUD Tunas Harapan, Sekretariat Kampung KB dan kelompok kegiatan desa tambak danau yang ditandai dengan pembukaan papan nama. Kampung KB sendiri, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB. Dan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Segenap masyarakat Tambak Danau berharap, dengan dinamakannya Kampung KB ini dengan Nama Barokah, suatu saat dapat menjadi ladang keberkahan dari segala sektor.  Baik itu kesejahteraan ekonomi masyarakatnya, pendidikannya, kesehatan, dan ketahanan pangannya, berkat salah satu ulama Banjar yang sangat terkenal yaitu Syeikh Arsyad Al Banjari yang bermakam di Kecamatan Astambul.

Desa Tambak Danau yang dahulu bernama "Tatah" artinya dalam bahasa Banjar yaitu desa yang terbentuk dari ukiran tangan seorang Ulama Banjar yaitu Syeikh Arsyad Albanjari dengan adanya Sungai dan Danau.  Namun, seiring menghilangnya situs-situs bersejarah berupa sungai dan danau tersebut bergantilah nama Tatah kepada Tambak Danau.

Secara demografi, desa Tambak Danau merupakan desa yang berbentuk seperti naga sehingga merupakan desa dengan akses yang mudah dan menjadi pusat lalu lalang para peziarah ke  makan Syeikh Arsyad al Banjari dari jalur hulu sungai.  Penduduknya mayoritas sebagai Petani dan TKI menjadikan Tambak Danau sebagai salah satu sumber devisa bagi Kecamatan.  Agama yang diyakini 100% Muslim dengan latar pendidikan 80% dari pendidikan Agama.

Hasil pertanian yang terdapat di wilayah Tambak Danau untuk saat ini adalah Pertanian Beras dengan kwalitas bagus dan Jeruk Siam dengan kwalitas unggul.  Sehingga melalui musyawarah KKB yang dilaksanakan, muncullah ide membangun Tambak Danau sebagai alternatif melalui jalur agrowisata jeruk berkwalitas baik selain desa Sungai Alat.


Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

Jumlah Jiwa

1067

Jumlah Kepala Keluarga

395

Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita

50

Keluarga yang Memiliki Remaja

115

Keluarga yang Memiliki Lansia

78

PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

Total

74 Jiwa

PUS dan Kesertaan Ber-KB

Total

138 Jiwa

Struktur Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Sekretariat KKB

23 October 2020

BKB

23 October 2020

BKR

23 October 2020

BKL

23 October 2020

Kelompok UPPKS

23 October 2020

PIK-R

23 October 2020

Rumah Dataku

23 October 2020

Dukungan terhadap Kampung KB


Sumber dana

Ya, Dana Desa Swadaya Masyarakat Donasi/ Hibah Masyarakat APBD APBN

Kepengurusan/pokja KKB

Ada

SK pokja KKB

Ada

PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

Ada MUHAMMAD RAHMAAN FAHROLY 198505052010011032

Regulasi dari pemerintah daerah

Ada, Surat Keputusan/Instruksi/Surat Edaran dari Bupati/Walikota

Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

Ada

Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

11 orang pokja terlatih
dari 11 orang total pokja

Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

Ya, PK dan Pemutahiran Data Data rutin BKKBN Potensi Desa Data Sektoral Lainnya

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Sosialisasi kegiatan

Ada, frekuensi: Situasional

Monitoring dan evaluasi Kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Penyusunan laporan

Ada, frekuensi: Bulanan