Profil

Desa Kepayang

Gambaran Umum


Desa Kepayang, Kecamatan Anjongan, resmi menjadi Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) di Kabupaten Mempawah. Pencanangan dilakukan Bupati Ria Norsan, Rabu (18/5), menindaklanjuti pencanangan Kampung KB tingkat nasional yang diluncurkan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Januari lalu. Di tingkat Provinsi Kalimantan Barat, peluncuran program dilakukan di Kabupaten Sekadau pada awal Februari 2016.

"Pemerintah Kabupaten Mempawah menyambut baik program ini. Momentum ini menjadi forum penting dalam menyatukan pemahaman menyusun rencana aksi untuk mengimplementasikan sasaran strategis yang harus dicapai dalam RPJMN 2015-2019, khususnya pencapaian program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga," tutur Ria Norsan.

Dia menjelaskan kampung KB dibentuk untuk meningkatkan peran pemerintah, lembaga nonpemerintah, dan swasta dalam memfasilitasi pembinaan masyarakat di bidang kependudukan. Ia mengungkapkan Kepayang dipilih sebagai kampung KB karena masih tingginya angka kelahiran yang mencapai 92,5 persen dan rendahnya capaian peserta KB baru di tahun 2015, di mana hanya terdapat 37 akseptor atau 4,10 persen. 

"Untuk itu perlu segera dilakukan upaya-upaya untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, sebab ancaman terbesar di dunia saat ini adalah iklim, teknologi informasi, dan ledakan penduduk," sebutnya.

Norsan menilai kampung KB sebagai salah satu inovasi strategis untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan. Kampung KB juga menjadi model miniatur yang melibatkan mitra kerja serta pemangku kepentingan terkait sesuai kondisi wilayah masing-masing. 

"Dengan kata lain kampung KB adalah salah satu upaya penguatan program kependudukan dari, oleh, dan untuk masyarakat dalam memberdayakan masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sebagai upaya perwujudan keluarga yang berkualitas," terangnya.

Pelaksana tugas Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat Eka Sulistya Ningsih mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam pencanangan kampung KB. Ia berharap kegiatan pencanangan ditindaklanjuti dengan berbagai intervensi instansi terkait, swasta, dan organisasi kemasyarakatan. "Dengan demikian maksud kampung KB sebagai miniatur program pembangunan di Indonesia dapat terwujud," harapnya.

Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Mempawah Ikke Wisaksono mengatakan kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga serta sektor terkait lainnya. (Rio)

Kondisi  geografisnya berupa hamparan persawahan dan tambak-tambak ikan yang dikelilingi bukit-bukit yang banyak terdapat dikecamatan  Anjongan.Luas  wilayah Desa Kepayang 20,60 KM2, dengan rincian : luas wilayah 650 Ha, tanah kering 2560 Ha, tanah basah 800 Ha, hutan lindung 100 Ha.Jarak  tempuh ke ibukota kecamatan dengan kendaraan bermotor (jam) 15 menit, keibukota kabupaten 1 jam dan ke ibukota provinsi 3 jam.


sumber: https://www.mempawahkab.go.id/desa-kepayang-jadi-kampung-kb

Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

Jumlah Jiwa

Jumlah Kepala Keluarga

Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita

0

Keluarga yang Memiliki Remaja

0

Keluarga yang Memiliki Lansia

0

PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

Total

0 Jiwa

PUS dan Kesertaan Ber-KB

Total

0 Jiwa

Struktur Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Sekretariat KKB

06 August 2019

BKB

06 August 2019

BKR

06 August 2019

BKL

06 August 2019

Kelompok UPPKS

06 August 2019

PIK-R

06 August 2019

Rumah Dataku

Belum ada

Dukungan terhadap Kampung KB


Sumber dana

Ya, APBD

Kepengurusan/pokja KKB

Ada

SK pokja KKB

Tidak ada

PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

Ada MARTIANSYAH 197604062005021001

Regulasi dari pemerintah daerah

Ada, Surat Keputusan/Instruksi/Surat Edaran dari Bupati/Walikota

Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

Tidak ada

Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

1 orang pokja terlatih
dari 1 orang total pokja

Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

Ya, PK dan Pemutahiran Data Data rutin BKKBN Potensi Desa Data Sektoral

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Sosialisasi kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Monitoring dan evaluasi Kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Penyusunan laporan

Ada, frekuensi: Bulanan