Profil

Sungai Andai

Gambaran Umum


A.LATAR BELAKANG

     Langkah penguatan Program KKBPK 2015-2019, Bapak Presiden Republik Indonesia mengamanatkan BKKBN agar dapat menyusun suatu kegiatan/program yang dapat memperkuat upaya pencapaian target/sasaran Pembangunan Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana 2015-2019, dapat menjadi ikon BKKBN serta dapat secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia di seluruh tingkatan wilayah. Sehingga Bapak PresidenRepublik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri mengeluarkan Surat Edaran Nomor 440/70/SJ perihal Pencanangan dan Pembentukan Kampung KB tanggal 11 Januari 2016 untuk memberikan dukungan dan mensukseskan pelaksanaan pencanangan Kampung KB dengan melakukan kegiatan pencanangan dan pembentukan Kampung KB secara serentak di setiap Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Dalam hal ini kemudian disepakati, agar Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatansegera mencanangkan Kampung KB tingkat Provinsi dan Tingkat Kabupaten/Kota.

Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas KKBPK secara utuh di lini lapangan. Kampung KB merupakan salah satu bentuk/model miniatur pelaksanaan total Program KKBPK secara utuh melibatkan seluruh Bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dngan Kementerian/Lembaga, mitra kerja, stakeholder instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di tingkatan pemerintahan terendah (sesuai prasyarat penentuan lokasi kampung KB) di seluruh kabupaten dan kota.

Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat Desa atau Kelurahan, yang memiliki kriteria tertentu,dimana terdapat keterpaduanprogram kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluargadan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.Kampung KB direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi oleh dan untuk masyarakat.Pemerintah, Pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan swasta berperan dalam fasilitasi,pendampingan dan pembinaan.


B. TUJUAN KAMPUNG KB

Tujuan Kampung KB yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.


C. SASARAN KAMPUNG KB

a. Sasaran Langsung

1. Keluarga;

2. Pasangan Usia Subur;

3. Masyarakat;

4. Blita, Remaja, Lansia.

b. Sasaran Tidak Langsung

1. Tokoh Masyarakat

2. Orgaisasi Masyarakat

4. Petugas Lapangan dan Provider


D. VISI DAN MISI

Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kampung KB-Baiman Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara maka sepakat ditetapkan :

1. VISI

Kayuh Baimbai Menuju Kelurahan Sungai Andai Baiman

(Bertakwa, Aman, Indah, Maju, Amanah dan Nyaman)"

2. MISI

Untuk mewujudkan kelurahan Sungai Andai yang Baiman maka Kampung KB menerapkan 8 Fungsi Keluarga dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dalam membangun keluarga.


E. SEJARAH SINGKAT KAMPUNG KB-BAIMAN

Kampung KB Sungai Andai adalah Kampung KB pertama yang berada di Kota Banjarmasin. Kampung KB Sungai Andai terletak di Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Alasan pemilihan Kelurahan Sungai Andai sebagai tempat Kampung KB pertama di Kota Banjarmasin adalah kelurahan Sungai Andai merupakan kelurahan yang masih baru terbentuk dari pemekaran kelurahan sebelumnya, selain itu diwilayah kelurahan Sungai Andai ada RT yang pencapaian perolehan KBnya rendah, tingkat perekonomiannya rendah, terdapat daerah kumuh dibantaran sungainya, sehingga tempat kampung KB di fokuskan di RW 01 di RT 02 dan RT 04 Kelurahan Sungai Andai. Kampung KB Sungai Andai ini selain yang pertama di Kota Banjarmasin tapi juga kampung KB Pertama di Kalimantan Selatan. Pencanangannya dilaksanakan pada tahun 2016 yang dilakukan oleh Walikota Banjarmasin yang dihadiri juga oleh Deputi Adpin BKKBN Pusat dan juga Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan dan Juga Ketua Koalisi Kependudukan Kota Banjarmasin. Setelah adanya Kampung KB maka membawa perubahan yang besar bagi masyarakat dan juga lingkungannya. Masyarakat lebih dewasa dalam dalam sikap bermasyarakat dan juga lingkungan mereka lebih tertata hingga menjadi pemenang Lomba Sungai Bersih sampai juara III tingkat Nasional. Pencapaian perolehan KB juga meningkat terutama MKJP meningkat. Kesadaran akan kebersihan lingkungan dan juga partisipasi masyarakat dalam mendukung program pemerintah melalui OPD dan juga instansi-instansi yang ikut terlibat dalam intervensi program mereka juga tinggi. Karena Sungai Andai ini merupakan Kampung KB pertama di Banjarmasin, maka Kampung KB ini langsung berada di bawah Pengawasan Walikota Banjarmasin. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan di kampung KB, maka dibentuklah juga Rumah Dataku di Kampung KB Sungai Andai. Rumah Dataku Sungai Andai ini adalah rumah atau tempat yang khusus digunakan sebagai tempat data untuk informasi yang berkaitan dengan Kampung KB di Sungai Andai. Adapaun data yang tersedia di Rumah Dataku adalah data yang berkaitan dengan Kependudukan, Keluarga Berencana, Kesehatan dan data umum lainnya. Rumah Dataku Sungai Andai adalah rumah data pertama di Banjarmasin dan juga di Kalimantan Selatan. Dengan adanya Rumah Dataku diharapkan semua informasi yang berkaitan dengan Kampung KB Sungai Andai bisa didapatkan hanya dengan mendatangi Rumah Dataku.



Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

Jumlah Jiwa

23972

Jumlah Kepala Keluarga

6592

Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita

5575

Keluarga yang Memiliki Remaja

2356

Keluarga yang Memiliki Lansia

1352

PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

Total

1187 Jiwa

PUS dan Kesertaan Ber-KB

Total

4606 Jiwa

Struktur Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Sekretariat KKB

11 November 2020

BKB

11 November 2020

BKR

11 November 2020

BKL

11 November 2020

Kelompok UPPKS

11 November 2020

PIK-R

11 November 2020

Rumah Dataku

11 November 2020

Dukungan terhadap Kampung KB


Sumber dana

Ya, Dana Desa Swadaya Masyarakat Donasi/ Hibah Masyarakat APBD APBN Perusahaan (CSR)

Kepengurusan/pokja KKB

Ada

SK pokja KKB

Ada

PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

Ada Helda Rafita, SKM 2147483647

Regulasi dari pemerintah daerah

Ada, Surat Keputusan/Instruksi/Surat Edaran dari Bupati/Walikota

Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

Ada

Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

1 orang pokja terlatih
dari 1 orang total pokja

Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

Ya, PK dan Pemutahiran Data Data rutin BKKBN Potensi Desa Data Sektoral Lainnya

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan

Ada, frekuensi: Triwulan

Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

Ada, frekuensi: triwulan

Sosialisasi kegiatan

Ada, frekuensi: Triwulan

Monitoring dan evaluasi Kegiatan

Ada, frekuensi: triwulan

Penyusunan laporan

Ada, frekuensi: Bulanan