Profil

Kubu Gadang

Gambaran Umum


Kampung KB di Desa Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur dicanangkan Walikota Padang Panjang, H Hendri Arnis BSBA yang ditandai dengan penandatangan prasasti oleh walikota dan Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, H Nofrijal MA, pemukulan gong oleh Ketua DPRD, Drs H Asril Kasoema dan deklarasi pernyataan dukungan oleh Toga/Toma Kubu Gadang.

Kampung KB Kubu Gadang adalah sebuah daerah pedesaan yang terdiri dari RT 7, 8, 9, 11 di Kelurahan Ekor Lubuk. Berdasarkan Pendataan Keluarga Tahun 2015, terdiri dari 175 KK dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 615 jiwa.

Dari jumlah penduduk itu, di Kubu Gadang terdapat 90 pasangan usia subur (PUS) yang 41 di antaranya adalah peserta KB dan 49 lainnya bukan peserta KB. Itu artinya peserta KB di Kubu Gadang hanya 45,5%, yang merupakan pencapaian rendah untuk program KKBPK di wilayah tersebut.

Sejak resmi dicanangkan pada 25 April 2016, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan di Kampung KB ini. Tidak hanya kegiatan program KKBPK, di sini juga dilaksanakan kegiatan lintas sektoral oleh OPD-OPD terkait sesuai dengan kebutuhan warga dan daerah. Sehingga dengan banyaknya kegiatan yang dilaksanakan, tujuan untuk dari pembentukan Kampung KB ini bisa tercapai.

Dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan, digerakkan oleh kelompok kerja (Pokja) Kampung KB yang dibentuk dan ditetapkan melalui SK Walikota Padang Panjang. Awalnya, kepengurusan Kampung KB ini ditetapkan melalui SK No 463/74/Wako-PP/2016 tanggal 6 April 2016. Dalam perjalanannya, dilakukan revisi, seiring dengan adanya Juknis baru dalam pengelolaan Kampung KB yang memilah seksi-seksi kegiatan sesuai dengan 8 Fungsi Keluarga. Di samping itu, Pokja yang dibentuk juga ditetapkan perioderisasi kerjanya untuk masa pengabdian sekali 3 tahun, sehingga kepengurusan bukanlah seumur hidup tetapi bersifat dinamis sesuai kesepakatan bersama. Perubahan ini, ditetapkan melalui SK No. 463/79.a/DSPPKBPPPA-PP/2018 tentang Penetapan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berencana (KB) Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang Periode 2018-2021 tertanggal 28 Mei 2018.

Di samping jadi Kampung KB, Kubu Gadang juga ditunjuk sebagai Kampung Wisata yang dipercaya Kementerian Pariwisata RI untuk mengelola Pasar Digital pada 26 Oktober 2018. Pasar Digital ini, semakin mengukuhkan Kubu Gadang sebagai destinasi wisata baru di Kota Padang Panjang.

Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

Jumlah Jiwa

663

Jumlah Kepala Keluarga

175

Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita

82

Keluarga yang Memiliki Remaja

34

Keluarga yang Memiliki Lansia

32

PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

Total

35 Jiwa

PUS dan Kesertaan Ber-KB

Total

58 Jiwa

Struktur Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Sekretariat KKB

20 February 2019

BKB

20 February 2019

BKR

20 February 2019

BKL

20 February 2019

Kelompok UPPKS

20 February 2019

PIK-R

20 February 2019

Rumah Dataku

20 February 2019

Dukungan terhadap Kampung KB


Sumber dana

Ya, Swadaya Masyarakat Donasi/ Hibah Masyarakat APBD APBN Perusahaan (CSR)

Kepengurusan/pokja KKB

Ada

SK pokja KKB

Ada

PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

Ada Maryulis, S.Sos, M.I.Kom 197711222010011004

Regulasi dari pemerintah daerah

Tidak ada,

Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

Ada

Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

2 orang pokja terlatih
dari 8 orang total pokja

Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

Ya, PK dan Pemutahiran Data Data rutin BKKBN Potensi Desa Data Sektoral Lainnya

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

Ada, frekuensi: setiap ada kegiatan

Sosialisasi kegiatan

Ada, frekuensi: setiap ada kegiatan

Monitoring dan evaluasi Kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Penyusunan laporan

Ada, frekuensi: Tahunan